Selasa, 29 Oktober 2013

TULISAN MANAJEMEN PART 2



TULISAN :
1.
Hampir di setiap sesi kelas kepemimpinan selalu muncul keluhan dari peserta dalam mengelola bawahannya pada usia tertentu.  Mereka mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan memimpin kelompok bawahan yang mereka sebut dengan ‘anak-anak muda’.  Keluhan ini dirasakan tidak hanya pemimpin pada level supervisor namun juga pada level manajer. Beberapa pendapat mereka mengenai karakter anak muda yang mereka maksud, antara lain;  tidak sopan, egois, susah diajak komunikasi, banyak menuntut, pemalas serta hasil pekerjaan yang tidak memuaskan.
Mendengar perubahan fenomena ini, saya mencoba mendalami apa yang sebenarnya terjadi dengan anak-anak muda di beberapa perusahaan.  Usia dari anak muda yang dimaksud berkisar 22 – 33 tahun atau mereka yang dilahirkan pada tahun 80’ ke atas.  Sebagaimana sudah banyak kita temukan di beberapa forum diskusi, masalah keragaman generasi di perusahaan merupakan isu penting yang harus dipahami dan dimengerti oleh organisasi.  Setiap generasi memiliki perbedaan dalam hal-hal tertentu, misalnya  dalam hal nilai-nilai yang dianut mereka dan nilai-nilai didalam pekerjaan.
Banyak pendapat yang berbeda mengenai awal dimulainya tahun suatu generasi.  Beberapa pendapat mengatakan bahwa generasi Y (Gen Y) adalah generasi yang lahir pada akhir tahun tujuh puluhan, sementara pendapat lain mengatakan Gen Y terlahir pada  awal tahun delapan puluhan.  Namun dari sudut pandang tahun berapa pun Gen Y dimulai,   jika dilihat dari rentang usia anak-anak muda yang menjadi bawahan peserta, maka generasi anak muda ini dapat dikategorikan sebagai Gen Y.
Gen Y adalah generasi terbaru dari pekerja untuk memasuki angkatan kerja saat ini. Mereka berbeda dari generasi lain dalam hal nilai dan sikap yang berhubungan dengan pekerjaan, manajer perlu untuk menyesuaikan pendekatan mereka untuk memimpin Gen Y agar mau terlibat dan mempertahankan generasi ini.

2.
      Tulisan tentang Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu:
  1. Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva
  2. Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
  3. Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva. dana harus dikelola seefisien mungkin.
Seperti sedikit penjelasan diatas, saya memiliki pengalaman dalam memanajemen keuangan. Pada saat itu saya dipercayakan untuk menjadi bendahara khusus angkatan 2011 dalam acara Psikologi Gunadarma yaitu PSA (Pshyco Sport Action). Tugas saya mengumpulkan uang yang harus dibayar setiap anggota panitia PSA, menagih kepada para panitia yang belum membayar dan memberikan dana yang sudah terkumpul untuk acara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar